videokeman mp3
Viva La Vida – Coldplay Song Lyrics
Manchester United

Jumat, 08 April 2011

Titik Awal


                  Manchester United trecatat sebagai salah satu klib sepak bola termasyur di dunia dengan basis suporer tersebar di berbagai belahan dunia. Siapa yang membanyangkan jika ternyata tonggak berdirinya klub raksasa Liga Premier itu hanya berasal sekumpulan pekerja depot kereta api Lanchashire dan Yorkshire, Newton Health. Tepat pada tahun 1878, resmi terbentuk sebuah klub dengan nama Newton Health L & YR, yang di kemudian hari menjelma menjaadi salah satu raksasa kekuatan sepak bola Eropa dan dunia.
                    Markas pertama klub terletak di North Road, kini Northamton Road, di Newton  Health, dekat cikal bakal stasiun Picadilly. Tempat tersebut menjadi saksi bisu sepak terjang tim Newton Health selama 15 tahun, yaitu medio 1878 hingga 1893.
                    Markas klub tersebut sebenarnya tidak begitu ideal. Para pemain harus menempuh perjalanan sekitar 1.5 mil hanya untuk berganti kostum di pemukiman pnduduk di Three Crowns. Lapangan pertandingan pu kondisinya kurang layak berlokasi di daerah tanah liat dan berlumpur.
                     Sekarang, di tempat yang menjadi tonggak awal klub berjuluk Setan Merah itu, berdiri kukuh North Manchester Bussines Park. Di kawasan itu, pernah pula berdiri sekolah menengah Moston Brook dan di tandai dengan sebuah plakat keberadaan klun Newton Health, sebelum benda itu hilang dicuri.
                     Memasuki periode 1893, klub mulai berlaga di level football league dan memutuskan hubungan dengan perusaahn kereta api. Label L & YR kemudian dihilangkan dari nama klub. Klub berjuluk The Heathens ini juga melakukan gebrakan dengan pindah ke markas yang lebih kecil, sekitar 3 mil dari tempat semula, di wilayah Clayton, September 1893. Kandang baru ini juga tidak terlalu ideal karena berada di tengah-tengah kawasan industri. Tempat tersebut sekarang berubah fungsi menjadi tempat parker mobil Manchester Velodrome, ditandai dengan sebuah plakat berlabel Bank Street.
                      Seiring pergantian abad, Newton Health terbelit persoalan financial. Tunggakan mereka di bank mencapai 2.500 pound sterling. Namun, pada sebuah pertemuan di New Islington Hall, Ancoats, di tahun 1901, bek tengah tim tersebut Harry Stafford, mengemukakan rencana penyelamatan klub. Garis nasib tim berubah berkat sebuah peristiwa tak terduga. Konon pengusaha bir local, Jhon Davies, sangat ingin membeli anjing milik Stafford, tapi ditolak. Stafford kemudian mengungkapkan kesulitan klub dan Davies di usulkan melunasi tunggakan serta diangkat jadi pemimpin.
                      Tawaran itu diterima, dan pada pertemuan awal dewan klub Davies mengusulkan perubahan warna kostum menjadi merah dn putih, serta mencari nama baru sebagai refleksi langkah anyar klub.
Nama Manchester Central dan Manchester Celtic sempat mencuat. Akan tetapi, akhirnya mereka menyepakati Manchester United sebagai identitas baru klub. Eksitensi klub tersebut secara resmi dimulai pada 26 April 1902.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar